Minggu, 31 Maret 2013

IDFB Challenge #9 Congee atau Porridge

Postingan kali ini dalam rangka meramaikan IDFB Challenge #9 yang bertema congee/porridge atau bubur.
 photo challenge9-1_zps51f26b47.jpg
Lumayan susah juga karena buburnya harus yang gurih terdaftar sebagai warisan nusantara, sempat kepikiran buat bubur menado tapi pasti temen-temen yang dari wilayah timur sudah ngeplot duluan. 

Pas ketemuan dengan teman di Gresik, iseng-iseng nanya apa disini ada bubur khas yang gurih, eh ternyata sang empunya rumah menjawab bubur roomo. Kemudian diskusi lebih serius berlanjut, tentang apa itu bubur roomo, terbuat dari apa, bahan-bahannya apa saja, pakai lauk apa dan masih banyak lagi pertanyaan dari saya yang terlontar begitu lancar. Karena waktu itu kami bertandang malam hari beliau bilang kalau ngga ada yang jual kalau malam, biasanya pagi-pagi, dan itupun terbatas jumlah pedagangnya, yah pupus sudah harapan mencicipi si bubur. 


Sesampainya dirumah, langsung googling tentang bubur roomo, dan keluar beberapa info yang sama dari beberapa source bahkan kata-kata yang tertera didalamnya, jadi sedikit sekali info yang saya dapat. Dari beberapa situs yang muncul, saya cenderung dengan www.kulinerkhasgresik.blogspot.com dan www.portalgresik.com, yang menerangkan kalau bubur roomo penyajiannya dilengkapi dengan nasi atau lontong, sayuran, poya dari kelapa,dan kerupuk rambak. Sedangkan nama roomo sendiri ternyata diambil dari nama sebuah desa disalah satu kecamatan di Gresik.


Selang seminggu dari bertamu, eh bu Emy dan pak Dodik bertandang kerumah sambil membawa oleh-oleh bubur roomo, yeaw alhamdulillah kesampaian makan si bubur. Kesan pertama aneh rasanya, pedas dan syurannya waktu itu kenikir serta diberi poya dari kelapa. Tapi suami suka banget, maklum karena dia penyuka semua yang rasanya gurih hihihi.....
Sekarang saya sudah bisa membayangkan seperti apa sih bubur roomo itu, dan dari www.sajiansedap.com saya memperoleh resepnya, kali ini saya hanya membuat setengah resepnya saja sebab takut ngga habis, berikut resep bubur roomo :


Bahan :  
500 gram nasi putih / saya memakai 4 buah lontong siap makan Sayuran Rebus :
150 gram wortel, diiris korek api, direbus  (saya 100 gr)
1 ikat bayam, direbus (saya ganti kangkung 1/2 ikat)
100 gram taoge, diseduh (saya ganti kenikir 1 ikat)
(biar sama dengan yang diberi teman) Roomo :
1.000 ml santan dari 1 butir kelapa (saya 500 ml dari 1/2 butir kelapa)
100 gram tepung beras (saya 50 gr tepung beras)
1 sendok teh garam (saya 1/2 sdt saja)
1 sendok makan gula pasir
2 sendok makan minyak untuk menumis
1 bungkus kerupuk rambak untuk penyajian
Bumbu Halus:
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
4 buah cabai merah besar (saya 2 buah saja)
3 buah cabai merah keriting
1 sendok teh terasi (saya 1/2 sdt saja)
Cara membuat:
  1. Roomo, larutkan tepung beras di dalam 100 ml santan (dari 500 ml). Sisihkan.
  2. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus dan daun salam sampai harum. Tuang sisa santan sambil diaduk perlahan sampai mendidih.
  3. Tambahkan larutan tepung  beras. Aduk sampai meletup-letup.
  4. Tata nasi, letakkan sayuran. Tuang bubur tepung beras di atasnya beri taburan poya (ini seperti yang dibelikan teman)
  5. Sajikan bersama remasan kerupuk rambak.
Untuk 4 porsi
 
Komentar dari adik serta suami katanya enak kok, mak nyus dan delicious......tapi saya cuma cicip sedikit saja, maklum saya kebalikan suami sukanya yang manis-manis.
Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar