Jumat, 15 Maret 2013

NCC Jajanan Tradisional Indonesia Week - Lumpur Kentang

Kali ini membuat yang simple saja buat meramaikan event NCC Week yang kali ini bertemakan jajanan tradisional yang ada di Indonesia. Memilih lumpur kentang, karena jajanan yang satu ini kesukaan saya, tetapi jangan nanya saya nih kue asalnya dari mana heheheehehehe....

Kue yang satu ini teksturnya legit dan sedikit berat, serta mengenyangkan karena isinya karbohidrat semua. Resep andalan saya ya resep dari bu Fatmah NCC, bahkan ini adalah salah satu andalan saya buat jualan snack box. Ngga percaya kalau ini enak, lihat saja buktinya, dengan banyknya yang order kue ini di dapurmamasofi hihhihi...


Resep tetap adalah resep NCC bu Fatmah yang saya ingat dan saya terjemahkan sendiri dengan bahasa saya ya, pokoknya juara dari berbagai resep yang pernah saya coba. Untuk kentangnya tidak saya haluskan, cukup saya parut dengan parutan keju, dan hasilnya menimbulkan sensasi yang lain saat digigit, uenak dan tidak terlalu manis.
Berikut resepnya :

Bahan :
  • 500 gr gula pasir
  • 5 btr kuning telur
  • 4 butir putih telur
  • 500 gr tepung terigu
  • 1 kg kentang, kukus lalu diparut
  • 1 ltr santan, kalau saya dari 1 btr kelapa, didihkan lalu dinginkan
  • 200 gr margarin, cairkan
  • 1/2 sdt garam
Cara membuat :
  1. Kocok gula dan telur hingga kental, tidak perlu sampai berjejak lalu tambahkan garam
  2. Kemudian masukkan tepung dan kentang serta santan secara bergantian dengan speed rendah
  3. Dan terakhir masukkan margarin cair
  4. Adonan siap dicetak/dipanggang dengan api kecil hingga matang
  5. Hasil jadi kurang lebih 35 buah


Note :
  • Saya menggunakan cetakan dari signora jadi agak besar-besar jadinya
  • Kue lumpur kentang NCC tahan hingga sehari di suhu ruang jadi buat hari ini (siang) tahan sampai besok siang
Selamat mencoba.


Salam lumpur belepotan,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar