Rabu, 30 Januari 2013

Rujak Tutul ( IDFB Challenge ke-8 )

Dalam rangka meramaikan IDFB Challenge yang ke-8 dengan tema rujak, maka terpikir makanan yang selalu saya makan waktu kecil dan dimakannya pun pas selesai sholat tarawih, anehnya makanan ini hanya muncul pada waktu bulan ramadhan saja dan makanan itu adalah rujak tutul (yang cara makannya ditutul) dan buahnya hanya krai dan mentimun. Benar-benar sangat simple tapi saya suka banget.

 

 Setelah kuliah saya terpaksa melalui masa-masa manis pedes sirujak tutul di Surabaya, dan itupun tak sama karena saya buat sendiri. Tentunya setelah nanya resepnya pada si ibu penjual rujak tutul di desa.



Berikut resepnya :

Bahan :
1 buah mentimun kupas belah 4
1 buah krai kupas belah 4
1-2 buah cabe rawit
25 gr gula jawa
1 sdt petis udang
1/4 sdt garam
1/4 sdt terasi udang
asam jawa yang sudah matang secukupnya

Cara membuat :
  1. Uleg cabe, gula jawa, petis, garam, terasi, dan asam jawa sampai halus
  2. Hidangkan dengan buah mentimun dan krai dan cara maemnya tinggal ditutul-tutul ke sambelnya
So simple tapi sangat berkesan kalo maemnya pas selesai sholat tarawih pas bulan puasa ramadhan, dan anehnya saya ngga pernah sakit perut lho, beneran....ngga percaya ..... yuk cobain deh


Tidak ada komentar:

Posting Komentar