Senin, 19 November 2012

Indonesian Curry/Gulai (IDFB Challenge Chapter 7)

Beberapa lama ngga nengok fb eh ternyata dah muncul challenge idfb yang ke-7. Walah menunya gulai/gule atau boleh juga kari/kare, susah juga nih secara di rumah ada dua krucil yang ngga doyan sayur bersantan jadi jarang banget buat seperti ini. 

http://i1061.photobucket.com/albums/t471/idfoodblogger/Logo%20Challenge/challenge7-3_zpsa18f3947.jpg

Akhirnya pagi-pagi diputuskan untuk belanja dan buat yg paling simple diantara banyak resep yang bersliweran yaitu menu nusantara dari majalah sedap sekejap edisi 5/V/2004 gulai sayur ala Padang.
Kesannya gurih, agak pedes karena saya pake cabe rawit bukan cabe merah besar seperti di resep, suami suka karena sudah lama saya tidak masak yang beginian.
Menurut saya paling cocok disantap dengan ketupat ataupun lontong, karena hanya ada kami berdua penikmatnya maka di foto bentar upload di Whats App dengan harapan banyak temen yang datang untuk ikut serta menikmati karena kolesterolnya itu lho yang ngga nahan.


Berikut saya ketik ulang resepnya ya :

GULAI SAYUR ala PADANG

Bahan :
300 gr daging tetelan, direbus dalam 1 ltr air
10 lonjor kacang panjang, dipotong-dipotong
6 lembar kol, dipotong-potong (saya ngga pake)
500 gr nangka, dipotong-potong
1 batang serai, dimemarkan
4 lembar daun jeruk
daun kunyit (saya ngga pake sebab ngga ada)
750 ml santan dari 1 butir kelapa
1 sdm garam
2 buah asam kandis (saya ngga pake karena ngga ada)
1 sdt gula pasir (saya ngga pake)

Bumbu Halus :
15 btr bawang merah
5 siung bawang putih
6 buah cabe merah (saya ganti dengan 15 buah cabe rawit)
1 sdt ketumbar sangrai
2 cm jahe
1 cm lengkuas

Cara Membuat :
1. Ukur air rebusan tetelan. Tambahkan air hingga menjadi 1.750 ml
2. Rebus kembali bersama tetelan rebus, bumbu halus (tadi saya tumis dulu takut langu), nangka (tadi juga saya rebus dulu hingga lunak lalu tiriskan), serai, daun jeruk dan daun kunyit hingga mendidih. Masukkan garam dan gula pasir.
3. Masukkan kacang panjang dan kol, biarkan setengah matang.
4. Tuang santan lalu masak sambil diaduk hingga bumbu meresap. Menjelang diangkat tambahkan asam kandis, biarkan sebentar lalu angkat.
5. Gulai sayur ala padang siap dinikmati untuk 10 porsi

Demikian yang bisa saya laporkan dari Surabaya yang super puanas walau udah hujan semalam, semoga bermanfaat.

2 komentar:

Erikasari mengatakan...

kapan-kapan bisa nyontek nih...di sini nggak nemu nangkanya euy, looks yummmyy...

Unknown mengatakan...

makasie mbk sudah mampir, seger ngga terlalu berat rasanya, semoga cepetan dapet nangkanya ya....

Posting Komentar